Telkom University Kembali Raih Penghargaan Widyapadhi

DENPASAR, Telkom University – Setelah mendapatkan Anugerah Widyapadhi pada tahun 2018, pada puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-24 yang dilaksanakan di Denpasar, Bali pada 27 Agustus 2017, Telkom University (Tel-U) kembali menerima Anugerah IPTEK Widyapadhi 2019, untuk subkategori Manajemen Inovasi.

Dari 570 perguruan tinggi yang berpartisipasi, Tel-U berhasil meraih peringkat ke-2 setelah Universitas Hasanuddin diperingkat pertama disusul Universitas Padjadjaran pada peringkat ke-3. Tel-U menjadi satu-satunya PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang terpilih sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik (pengelolaan, produk perusahaan startup dan spin off terbaik) untuk sub kategori Manajemen Inovasi oleh Kementerian  Riset,  Teknologi  dan  Pendidikan  Tinggi  (Kemenristekdikti).

Menteri Riset,  Teknologi  dan  Pendidikan  Tinggi  (Menristekdikti) Prof. Mohamad Nasir menjelaskan, mengacu pada amanat UU (Undang-Undang), tuntutan perubahan serta melaksanakan agenda prioritas nasional, Kemenristekdikti perlu memberikan apresiasi  kepada  perguruan  tinggi  yang  telah  secara  aktif  membangun  iklim  inovasi  yang kondusif.

“Berkaitan  dengan  hal  tersebut, maka Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti pada tahun 2019 ini kembali menyelenggarakan seleksi Anugerah Widyapadi,sebagai sebuah penghargaan kepada Perguruan Tinggi atas upaya dalam mendorong inovasi. Diharapkan, anugerah ini akan meningkatkan  semangat   perguruan  tinggi   untuk dalam menciptakan kemanfaatan baru dari hasil-hasil risetnya, baik dalam bentuk komersil, ekonomi maupun sosial-budaya.” Ucapnya

Mohamad Nasir menambahkan bahwa peningkatan produk inovasi di Indonesia saat ini sudah meningkat dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini jumlah startup yang dibangun di Indonesia sudah mencapai 1350.

“Terimakasih atas kontribusi dari segala instansi dan perguruan tinggi yang telah memberikan inovasi terbaiknya untuk bangsa ini, saya berharap perguruan tinggi dan instansi yang meraih penghargaan mala mini bias menjadi inspirasi dan motivasi bagi perguruan tinggi lain untuk turut mengembangkan inovasi-inovasi bagi negeri ini.” Ucapnya.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya saat menerima penghargaan mengatakan, capaian yang Telkom University raih merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas akademika Telkom University, dan usai meraih predikat sebgai PTS no 1 di Indoneisa, kali ini kado terindah di hari jadi Tel-U ke-6 adalah anugrah inovasi Widyapadhi dari Kemenristekdikti.

“Alhamdulillah berkat kerja cerdas dari seluruh sivitas akademika Tel-U kembali diganjar sebagai PTS dengan Manajemen Inovasi terbaik di Indonesia, tahun lalu kita menempati peringkat 3, dan tahun ini mengalami peningkatan menjadi peringkat ke-2.” Ucapnya. (***)